Tips Mengenali Gejala Prediabetes dan Menjaga Kesehatan Anda - Kain Batik Indonesia

Minggu, 07 Juli 2024

Tips Mengenali Gejala Prediabetes dan Menjaga Kesehatan Anda

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Penyakit yang ditandai dengan gula darah tinggi ini nyatanya sulit untuk dideteksi. Sehingga kebanyakan sudah parah dan harus menjalani pengobatan berkelanjutan.

Siapa pun pastinya tak ingin mengidap penyakit yang tidak bisa disembuhkan ini. Salah satu cara agar terhindar dari penyakit diabetes adalah mengetahui gejala-gejala penyakitnya. Dengan demikian Anda bisa lebih waspada, berhati-hati, dan lebih menjaga kesehatan Anda.

Inilah 5 Tips Mudah Menyadari Gejala Prediabetes yang Wajib Diketahui!


Tips Mudah Menyadari Gejala Prediabetes yang Wajib Diketahui!

Pafipurukcahu.org secara konsisten membantu masyarakat Indonesia untuk lebih aware dengan masalah kesehatan dan dunia farmasi. Gejala mengenai penyakit diabetes memang tidak selalu muncul pada seseorang.

Hal ini yang menyebabkan penderitanya tidak punya kendali dan tahu-tahu penyakit sudah sangat parah. Meski demikian, tidak ada salahnya untuk mempelajari gejala prediabetes tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengetahui gejala penyakit prediabetes yang bisa dilakukan. Tips ini hanya memungkinkan untuk mengetahui kecenderungannya saja. Anda tetap membutuhkan pengecekan secara langsung untuk memastikan kondisi Anda.

Memeriksa Kesehatan Mata


Salah satu gejala pada pengidap penyakit diabetes adalah menurunnya penglihatan atau ada permasalahan pada organ mata. Sehingga tidak jarang dokter akan menyarankan untuk cek gula darah bila Anda mengeluhkan kondisi mata.

Anda bisa merasakan sendiri apakah mata terasa tidak normal atau tidak nyaman. Namun tentu saja tidak semua permasalahan penglihatan kabur ujungnya karena diabetes. Ada kemungkinan pula Anda menderita rabun jauh atau rabun dekat.

Memeriksa Bagian Belakang Leher


Salah satu gejala prediabetes yang sering diperbincangkan adalah kulit gelap di leher. Bagian kulit ini bisa jadi menghitam karena matahari bagi Anda yang cenderung membuka bagian leher dan sering beraktivitas di luar ruangan.

Namun, bila Anda sering berkerudung atau memiliki rambut panjang tentu hal itu patut dicurigai sebagai gejala prediabetes. Sebetulnya, bukan area leher saja yang dinilai sebagai salah satu gejala prediabetes.

Kulit menghitam di bagian ketiak dan selangkangan pun bisa jadi gejala prediabetes.

Mengetahui Riwayat Diabetes di Keluarga


Penyakit diabetes memang tidak diturunkan kepada anggota keluarga lain ataupun bisa ditularkan. Meski demikian, keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes potensi keturunannya terserang penyakit yang serupa makin tinggi.

Anda pastinya bisa mengetahui dengan mudah apakah ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes ataukah tidak. Bila iya, jangan menunggu mengalami gejala prediabetes untuk memulai pola hidup sehat dan berolahraga.

Memeriksa Intensitas Buang Air Kecil dan Rasa Haus


Gejala yang paling umum pada penderita prediabetes maupun diabetes selanjutnya adalah sering buang air kecil di malam hari dan sering merasa haus. Silahkan mencari tahu apakah Anda termasuk orang yang sering buah air kecil dan sering merasa haus ataukah tidak.

Memeriksa Kondisi Tubuh Sehari-Hari


Normalnya, orang yang sehat akan bugar dan bersemangat ketika sudah beristirahat yang cukup. Namun, penderita prediabetes umumnya selalu merasa lelah dan lemas. Kemungkinan penyebabnya adalah insulin resistance yang juga berpotensi menjadi penyebab diabetes 2.

Itulah beberapa gejala prediabetes yang bisa Anda ketahui. Mari mulai menjalani hidup sehat agar terhindar dari segala macam penyakit berbahaya. Silakan kunjungi situs pafipurukcahu.org secara berkala untuk mendapat informasi kesehatan dan farmasi terkini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda