Menu Harian yang Efektif Mengontrol Gula Darah - Kain Batik Indonesia

Senin, 08 Juli 2024

Menu Harian yang Efektif Mengontrol Gula Darah

Diabetes merupakan sejenis penyakit yang terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh mengalami kenaikan. Jika sudah demikian, penderita perlu menjaga pola makan untuk mengontrol gula darah.

Salah satunya dengan tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula ataupun pemanis.
 

5 Menu Rutin yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes


Menu Rutin yang Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes wajib memperhatikan penuh pola makannya. Sekali salah mengkonsumsi makanan, gula darah bisa tidak terkontrol dan menyebabkan berbagai penyakit lainnya. Untuk itu, inilah 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi.

1. Sayuran Hijau


Sudah bukan informasi asing lagi kalau sayuran hijau memang bagus untuk kesehatan tubuh. Sayuran jenis ini tak mengandung pati, namun memiliki kandungan ekstra seperti antioksidan, karbohidrat, juga zeaxanthin.

Ketiga kandungan tersebut akan menjadi kombinasi yang sempurna untuk menjaga serangan diabetes ke beberapa organ. Jika mengkonsumsi secara teratur, Anda akan memperoleh manfaat yang lebih baik.

2. Makanan Mengandung Protein Tinggi


Mengontrol gula darah bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Contohnya ikan dan telur. Keduanya memiliki kandungan lemak omega 3 yang sehat dan memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Mulai dari menyembuhkan peradangan, menyehatkan fungsi otak, memperkaya amunisi tubuh, hingga menurunkan gula darah tinggi. Tak hanya disarankan bagi penderita diabetes saja.

Makanan mengandung tinggi protein juga bagus dikonsumsi oleh para penderita jantung. Jadi, Anda bisa mulai list ingin mengolah jenis makanan apa supaya tak bosan dengan menu harian.

3. Ubi Jalar


Ubi jalar diketahui sebagai sumber makanan berat untuk orang-orang yang sedang diet. Bukan hanya itu saja, ubi jalar ternyata termasuk alternative paling efektif untuk menghindari karbohidrat sederhana seperti nasi.

Ubi jalar yang dikenal sebagai umbi manis tetap bisa Anda konsumsi setiap hari. Tak perlu khawatir tubuh merespon gula darah dengan cepat karena sumber karbohidrat ini memiliki glikemik sangat rendah.

Selain itu, ubi jalar memiliki banyak kandungan bagus lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Sebut saja, vitamin A, vitamin C, kalium, sampai serat.
 

4. Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang mengandung lemak sehat untuk diabetes. Sama seperti jagung, kacang-kacangan seperti almond, kenari, biji rami, hingga biji bunga matahari memiliki indeks glikemik yang cukup rendah.

Makanya, kacang-kacangan ini dapat dijadikan camilan rutin oleh para penderita diabetes. Hal itu tidak membuat kadar gula naik karena tubuh cukup lambat dalam memproses kacang menjadi glukosa.

Selain itu, kacang-kacangan juga mempunyai kandungan magnesium tinggi. Ini berguna untuk menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil.

5. Jagung


Jagung termasuk sumber makanan tinggi serat yang bisa Anda pilih untuk pengganti nasi. Menurut beberapa ahli, jagung diketahui mengandung indeks glikemik rendah sehingga menjadikannya sebagai sumber makanan untuk menurunkan gula darah.

Meski memiliki rasa manis, jagung tidak akan memperburuk kondisi penderita diabetes. Ini dikarenakan jagung memiliki kandungan serat juga pati yang tidak bisa langsung dicerna oleh tubuh.

Jika mengkonsumsinya, tubuh bisa membutuhkan waktu cukup lama untuk memproses kandungan-kandungan yang dimiliki jagung. Inilah yang membuat kadar gula tidak ikut naik meski Anda mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Jaga Pola Makan Untuk Kontrol Gula Darah


Menjaga pola makan sehat adalah kewajiban bagi semua orang, apalagi penderita diabetes. Anda tidak hanya harus memperhatikan sumber karbohidrat yang masuk ke tubuh, melainkan juga asupan gula harian.

Sebab, para penderita biasanya akan merasa selalu ingin mengonsumsi gula. Makanya, harus bisa mengontrol sendiri supaya tidak semakin parah. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi web pafipattallassang.org.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda