Keunggulan dan Manfaat Kompor Wood Pellet - Kain Batik Indonesia

Selasa, 02 Juli 2024

Keunggulan dan Manfaat Kompor Wood Pellet

Membaca judul artikel ini, mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang kompor wood pellet. Bisa saja Anda merasa asing karena belum familiar. Kompor tentu sudah biasa, tetapi bagaimana dengan wood pellet?

Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas, mulai dari rumah tangga hingga industri makanan dan minuman. Kini banyak juga yang beralih ke kompor listrik. Walaupun demikian, masih ada yang awam dengan kegunaan wood pellet.

Lantas bagaimana dengan kompor wood pellet Indonesia? Inilah yang dapat Anda gali melalui artikel ini. Percayalah bahwa kompor ini dapat menjadi alternatif menarik untuk kebutuhan rumah tangga.

Tentang Kompor Wood Pellet


Singkatnya, wood pellet adalah material berbahan limbah kayu yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif energi terbarukan. Material ini dapat terbuat dari berbagai jenis serpihan dari kayu-kayu berikut ini:

  • Gamal
  • Petai cina
  • Sengon
  • Kaliandra merah

Bayangkan saja, serpihan kayu dari keempat pohon di atas dapat diproses tanpa menggunakan tambahan bahan kimia, salah satunya adalah lem. Cukup menarik bukan?

Serpihan kayu dihancurkan dan ditekan hingga menjadi butiran-butiran kecil tetapi padat. Proses tersebut membuat wood pellet mudah dibakar dan tidak boros energi, sehingga emisi karbon pun dapat berkurang.

Kegunaan wood pellet yang utama sudah tersirat sebelumnya, yakni menjadi bahan bakar alternatif. Salah satunya yakni untuk kompor, sehingga Anda dapat beralih dari gas dan listrik.

Ingat, wood pellet hanya berfungsi sebagai bahan bakarnya saja, bukan material pembuat kompor. Jangan sampai keliru, ya!

Keunggulan Kompor Wood Pellet


Keunggulan dan Manfaat Kompor Wood Pellet

Kompor alternatif ini tentunya diproduksi oleh pabrik wood pellet. Berikut ini adalah berbagai keunggulannya:

Dapat Diperbaharui


Wood pellet bersifat recycle atau dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Alasannya tak lain tak bukan adalah material serpihan kayu yang digunakan. Karena berasal dari alam, maka wood pellet sudah dipastikan ramah lingkungan.

Bahan Baku Melimpah


Bahan utamanya yang berupa serpihan kayu sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih Anda dapat memperolehnya tidak dari satu jenis pohon saja.

Efisiensi Energi


Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda akan memperoleh energi yang cukup untuk memasak. Anda dapat menghemat pengeluaran tapi tetap memperoleh manfaat yang sama seperti kompor pada umumnya.

Lantas bagaimana cara membuat kompor wood pellet? Tidak perlu repot-repot, cukup beli langsung saja dari produsennya.

Pilihlah tipe dan ukuran kompor yang paling sesuai dengan kebutuhan serta dapur Anda. Kemudian pastikan wood pellet yang akan digunakan selalu dalam kondisi kering. Jika pun basah atau lembab, maka dapat dijemur terlebih dahulu.

Perawatan kompornya pun tidak rumit, seperti kompor pada umumnya. Anda perlu rajin membersihkan area dalam dan permukaan.
 

Manfaat Kompor Wood Pellet


Apakah Anda sudah mulai penasaran dengan harga kompor wood pellet? Agar makin afdal, Anda perlu menyimak manfaat menarik dari kompor yang unik ini.

Hemat Biaya


Siapa sih yang tidak ingin menghemat anggaran rumah tangga? Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperoleh energi sebesar 3.400-4.200 kCal.
 

Mengurangi Emisi Karbon


Sebagai energi alternatif, penggunaan wood pellet dapat mengurangi emisi karbon sehingga berkontribusi terhadap pelestarian alam dan lingkungan.

Kini Anda sudah memperoleh wawasan seputar kompor wood pellet. Informasi yang mencakup pengertian, kegunaan, dan manfaat kompor ini kiranya dapat menggugah minat Anda untuk beralih ke energi alternatif terbarukan. Selamat mencoba!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda