Tips Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Peredaran Darah Anda - Kain Batik Indonesia

Kamis, 27 Juni 2024

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Sistem Peredaran Darah Anda

Sistem peredaran darah pada manusia merupakan sistem yang memompa darah dari jantung ke tubuh dan juga sebaliknya. Sehingga nutrisi, oksigen dan juga karbon dioksida turut bermobilisasi dalam sistem ini.

Beberapa organ penting yang terkait alat peredaran darah sistem ini yaitu jantung, darah dan pembuluh darah (arteri dan vena). Jika ada gangguan misalnya penyumbatan, maka penyakit seperti jantung, darah tinggi hingga stroke bisa hadir sebagai masalah.

Sistem peredaran manusia ini tak kalah penting, sebagaimana sistem pernafasan, dan sistem lainnya. Tentunya akan mempengaruhi keberlangsungan hidup Anda. Sehingga perlunya menjaganya agar tetap sehat sehingga dapat bekerja dengan baik.

Bagi Anda yang tertarik diskusi lanjut tentang menjaga kesehatan sistem peredaran darah, Anda dapat bergabung bersama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pafipaniai. Dalam komunitas ini bahasan tentang menjaga kesehatan akan menjadi obrolan hariannya.

Tips Menjaga Kesehatan Sistem Peredaran Darah


Tips Menjaga Kesehatan Sistem Peredaran Darah

Penyakit kardiovaskuler atau penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah kini bisa menyerang siapa saja. Tentunya dibanding mengobati, Anda akan memilih mencegahnya bukan? Oleh karenanya simak beberapa tips berikut sebagai langkah pencegahan.

1. Makan yang bernutrisi


Segala asupan yang masuk ke tubuh tentu akan mempengaruhi kesehatan termasuk pada sistem peredaran darah. Sehingga perlunya mengupayakan makanan yang masih asli dari alam sehingga mengandung berbagai vitamin dan mineral asli yang beraneka ragam.

Misalnya makanan seperti daging, ikan salmon dan alpukat juga termasuk makanan beromega 3 yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hati dengan kandungan zat besi tinggi juga diperlukan guna membentuk haemoglobin untuk mengantar oksigen.

2. Olahraga


Salah satu cara menjaga kesehatan organ peredaran darah yaitu dengan rutin bergerak. Sebab bergerak seperti dengan berolahraga dapat mengoptimalkan kinerja jantung dan pembuluh darah. Contoh olahraga yang cocok untuk hal ini yaitu seperti jalan sehat, renang, senam dan juga bersepeda.

Saat berolahraga, jantung akan memompa darah lebih cepat. Sehingga memasok oksigen lebih banyak pula. Dan sebaliknya, kebiasaan duduk dalam waktu berjam jam akan membuat aliran darah terhambat bahkan risiko lainnya bisa terjadi kerusakan fungsi pembuluh darah kecil.

3. Hidrasi tubuh


Cara melancarkan peredaran darah berikutnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air sendiri memiliki fungsi mencegah pengentalan darah. Kekurangan cairan juga menyebabkan naiknya tekanan darah.

Penuhi kebutuhan asupan dengan 8 gelas perhari, minum dengan air yang mengandung mineral alami seperti air kelapa atau air yang diberi garam laut. Minuman berelektrolit dengan kandungan mineral bervariasi seperti ini akan lebih menghidrasi karena lebih masuk ke dalam sel-sel tubuh.

4. Istirahat cukup


Cara menjaga kesehatan sistem peredaran darah berikutnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Istirahat bagian dari obat sehat yang dapat diakses oleh semua manusia secara gratis. Jangan gadaikan waktu tidur malam karena disitulah ritme tubuh beristirahat.

5. Kelola stress


Membicarakan kesehatan tubuh tidak serta merta hanya perlu fokus pada tubuh fisik saja. Melainkan berbagai faktor psikis juga turut berpengaruh. Sehingga mengelola stress perlu menjadi hal penting untuk diprioritaskan agar tetap sehat.

Penyakit kardiovaskular memang bisa menyerang siapapun. Selain adanya faktor keturunan, pola hidup juga menjadi sebabnya. Sehingga langkah pencegahan di atas dapat Anda lakukan dari sekarang dan bergabung bersama Pafipaniai untuk diskusi lebih lanjut.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda