Langkah Praktis Atasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Hilang - Kain Batik Indonesia

Jumat, 21 Juni 2024

Langkah Praktis Atasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Hilang

Perut sakit yang tak kunjung hilang tentu akan membuat seseorang kesakitan. Terkadang ada yang sakit perutnya hanya beberapa jam saja, ada pula yang sampai hitungan hari hingga berminggu-minggu. Semakin lama sakit maka semakin perlu waspada karena bisa jadi hal ini tanda penyakit kronis.

Gejala yang nampak biasanya yaitu Perut sering kram, nyeri hebat dan juga rasa tertusuk di bagian perut. Tentunya gejala yang sama bukan selalu berarti penyebab sakitnya sama. Sehingga dalam hal ini, sebelum panik mengobati, Anda perlu menganalisa terlebih dahulu apa penyebabnya.

Jika dirasa sudah memerlukan obat, pastikan pemilihan obat berdasarkan resep dokter yang berwenang. Begitu juga jika Anda butuh berdiskusi tentang obat atasi sakit perut maka bergabung bersama komunitas Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dengan mengunjungi pafipakpakbharat.org

Cara Mengatasi Sakit Perut Berdasarkan Sumber Sakitnya


Langkah Praktis Atasi Sakit Perut yang Tak Kunjung Hilang

Ada banyak cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung hilang. Namun sebelum fokus pada cara mengatasi, sebaiknya analisa dulu penyebab perut kram yang menimpa Anda. Sehingga menentukan cara penyembuhannya bisa ke arah yang tepat. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda pilih.

1. Istirahat


Cara menyembuhkan kram perut yang pertama yaitu dengan beristirahat. Dengan beristirahat tubuh akan melahirkan meregenerasi sel. Selain itu jika Anda mampu untuk terlelap maka keuntungan lainnya yaitu Anda akan lupa sejenak rasa sakit kram perutnya.

Kenapa perut tiba tiba kram juga terkadang disebabkan aktivitas berat yang bertubi-tubi. Sehingga istirahat dapat menjadi solusi mudah yang dapat Anda pilih.

2. Minum kaldu atau air rimpangan


Cara meredakan sakit perut berikutnya yaitu dengan minum yang hangat-hangat. Contoh minuman hangat yang mengandung banyak kebaikan untuk tubuh yaitu kadu dan juga air rimpangan.

Kaldu mengandung berbagai nutrisi dari tulang dan daging yang direbus lama. Sehingga mengkonsumsinya hangat-hangat akan turut menutrisi tubuh dan meredakan nyeri perut. Begitu juga rimpangan yang tak kalah manfaatnya, sehingga cocok diseduh saat sakit.

3. Kompress botol hangat


Adakalanya di sebagian perempuan yang akan atau sedang mengalami datang bulan, akan disertai dengan adanya nyeri haid. Yang mana hal ini akan membuat Anda tidak nyaman bukan?

Oleh karenanya mengatasi dengan mengompress botol hangat dapat Anda pilih. Hangatnya botol yang bersentuhan langsung dengan perut yang nyeri akan cukup dapat meredam nyeri. Sebab hangatnya botol ini dapat mengalihkan fokus ke hangatnya kulit.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi


Beberapa kasus nyeri perut terkadang dibarengi dengan diare. Sehingga kuncinya dengan menjaga kecukupan cairan tubuh misalnya perbanyak konsumsi air putih, air kelapa maupun air dengan garam laut.

5. Pemeriksaan Medis dan Obat


Sakit perut yang tak juga reda bisa jadi menandakan ada penyakit tertentu. Sehingga segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan dan obat yang tepat. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi pada rongga perut atau berupa foto rontgen saluran pencernaan.

Biasanya jika pasien berada di kondisi yang butuh obat, maka dokter akan meresepkan obat anti nyeri. Begitu juga jika Anda butuh berdiskusi tentang ini bersama PAFI, Anda dapat mengunjungi web berikut pafipakpakbharat.org

Demikianlah beberapa langkah praktis yang dapat Anda upayakan untuk mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh. Semakin segera mengambil langkah, maka semakin berpotensi lekas membaik pula.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda