Karakteristik Kain Batik Tiap Daerah di Indonesia - Kain Batik Indonesia

Minggu, 20 Desember 2020

Karakteristik Kain Batik Tiap Daerah di Indonesia

Ragam motif batik yang ada di Indonesia mencerminkan keragaman sosial budaya yang ada di setiap daerah penghasil batik. Setiap motif yang dibuat di daerah tertentu memiliki makna tersendiri yang biasanya berkaitan dengan budaya yang ada disana. 

Tidak heran jika ada puluhan macam motif batik yang bisa ditemukan dan semuanya unik. Karakteristik kain batik tiap daerah biasanya ditunjukkan dengan penggunaan warna serta bentuk motifnya. 

Anda bisa mengenali dari daerah mana motif suatu batik berasal dengan mempertimbangkan kedua hal tersebut.

Ciri Khas dan Karakteristik Kain Batik Tiap Daerah

1. Batik Khas Yogyakarta

Batik Khas Yogyakarta

Sebagai daerah yang terkenal dengan sistem keratonnya, motif batik dari Yogyakarta begitu mencerminkan karakteristik daerah tersebut. Penggunaan warna-warna yang tidak terlalu terang seperti biru tua, putih dan coklat menggambarkan sebuah kesan yang gagah.

Ditambah lagi dengan bentuk motifnya yang tegas dan besar membuat batik Yogyakarta terlihat sangat kental dengan karakter keraton.

Tujuan pembuatan motif Yogyakarta yang tegas memberikan kesan sebuah pakaian yang bernilai tinggi. Ada banyak motif yang berasal dari Yogyakarta namun yang paling dikenal adalah motif Parang dan Garda.

Cara pembuatan motif batik Yogyakarta pun masih mengikuti teknik pembuatan yang diatur oleh Keraton Yogyakarta sehingga menghasilkan tampilan batik yang unik.

2. Batik Khas Solo

Batik Khas Solo

Meskipun Solo dan Yogyakarta dalam pembuatan batiknya masih terpengaruh dengan aturan keraton atau kerjaan, namun motif batik Solo lebih mencerminkan keindahan daripada ketegasan.

Penggunaan warnanya pun tidak terlalu gelap seperti putih dan coklat muda. Meskipun ada beberapa kesamaan motif dengan Yogyakarta, beberapa motif batik Solo menggambarkan sebuah keindahan alam.

3. Batik Khas Daerah Pesisir

Batik Khas Daerah Pesisir

Selain Yogyakarta dan Solo, batik juga diproduksi oleh beberapa daerah pesisir seperti Cirebon, Indramayu dan Pekalongan. Berbeda dengan kedua daerah di atas yang kental dengan kesan kekeratonan, batik dari wilayah pesisir lebih menarik karena penggunaan warnanya lebih banyak.

Warna-warna yang dipakai pun bukan warna gelap melainkan warna cerah. Motif batik dari daerah pesisir biasanya diambil dari kondisi budaya dan alam dari daerah yang memproduksi batik tersebut. 

Cara pembuatan batiknya pun lebih unik. Tidak hanya menggunakan canting, batik pesisir juga menggunakan teknik lukis dimana proses pembuatan motif dilakukan dengan menggunakan kuas seperti saat sedang melukis namun tetap menggunakan malam sebagai tintanya.

Keunikan lain dari batik pesisir adalah karena penggunaan warna-warna cerah pada motif tidak hanya berasal dari lilin namun juga diambil dari warna yang berasal dari bahan alami seperti secang. Hal ini diaplikasikan saat pembuatan batik di daerah Pekalongan.

Keunikan Motif Batik dari Seluruh Indonesia

Keunikan Motif Batik dari Seluruh Indonesia

Tidak hanya diproduksi di Jawa saja, batik juga dibuat di beberapa daerah dari pulau lain seperti Sumatera dan Kalimantan. Batik-batik dari luar pulau Jawa pun tidak kalah uniknya karena memang karakternya disesuaikan dengan darimana batik tersebut berasal.

Penggunaan warna dan cara pembuatan batik serta pemilihan kain juga sangat berpengaruh terhadap karakteristik batik di tiap daerah. Kondisi geografis suatu pulau serta kebiasaan masyarakatnya juga akan direpresentasikan pada motif batik.

Tidak heran jika motif batik Indonesia sangat variatif dan unik. Meski sudah ada sejak dahulu batik tidak pernah terlihat kuno. Seiring perkembangan zaman dan teknologi batik semakin diminati bahkan oleh generasi milenial. Uniknya motif batik merupakan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Memang sudah seharusnya jika karakteristik kain batik tiap daerah terus dipertahankan konsistensinya agar batik sebagai warisan budaya tetap memiliki ciri khas yang sama sejak dulu.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda